Beranda » Artikel » Pulau Belitong atau Pulau Belitung

Pulau Belitong

atau Pulau Belitung

Pulau Belitong | Pulau Belitung | Billiton

Pulau Belitong IndonesiaPulau Belitong (atau dalam bahasa Inggris, Billiton) dikenal juga dengan sebutan Belitung atau Pulau Belitung  adalah sebuah pulau di pantai timur Sumatera, Indonesia di Laut Jawa. Luas Pulau Belitong mencakup 4.800.6 km2 (1.853.5 sq mi), dan memiliki populasi 271.868 pada tahun 2014. Secara administratif, pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.

Pulau ini sangat dikenal dengan pariwisata, lada dan timahnya. Pada tahun 1812, Belitung pernah dikuasaioleh Britania Raya, kemudian dari Perjanjian Anglo-Dutch pada tahun 1824,Belitong kembali diserahkan ke pihak Belanda.

Demografi

Populasi penduduk Pulau Belitong pada sensus tahun 2010 adalah 262.35. Namun, perkiraan resmi terbaru pada tahun 2014, penduduk masyarakat Pulau yang berjuluk Negeri Laskar Pelangi ini adalah 271.868. Populasi dipusatkan di beberapa kota kecil; adapun kota yang terbesar adalah Tanjung Pandan di bagian barat dan Manggar di timur, yang merupakan ibu kota masing-masing dari dua Kabupaten; Belitung dan Belitung Timur.

Etnis Melayu memiliki persentase terbesar bersama dengan orang-orang Tionghoa, Pulau Belitong memiliki populasi penduduk Bugis, Sunda, dan Jawa yang signifikan. Sebelumnya mereka bekerja untuk pertambangan timah Belanda. Ada juga populasi kecil orang Madura yang menetap di sana di era transmigrasi jaman kepemimpinan Presiden Soeharto.

Agama

Sebelum kedatangan misionaris Belanda, penduduk Pulau Belitong dan sebagian besar kepulauan Indonesia telah beralih dari Hindu, Budha, dan Animisme ke Islam karena pekerjaan pedagang Muslim Cina. Akibatnya, gereja-gereja Kristen tidak dapat memperoleh banyak pengikut. Kini, Belitung adalah pulau dengan beragam agama. Islam adalah agama yang paling banyak dipraktekkan, dengan minoritas yang cukup besar dari umat Buddha, Kristen dan Konghucu.

Geografi

Pulau Belitung berukuran sedang, yaitu sekitar 1.840 mil persegi atau 4.800 km2). Pulau ini terdiri dari medan yang cukup berat dengan beberapa bukit. Dataran Yang tertinggi adalah Gunung Tajam dengan ketinggian kurang dari 500 meter (1.600 kaki). Belitung dibatasi oleh Selat Gaspar, Laut Cina Selatan dan Laut Jawa. Lautnya yang biru kehijauan cukup tenang dan dangkal, untuk berlayar, snorkeling, dan berenang. Belitung terkenal karena batu granitnya yang abstrak dan pantai pasir putihnya yang cemerlang di Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Binga dan Pulau Lengkuas.

Ekonomi

Belitung adalah sumber timah, tanah liat, bijih besi dan pasir silika. Perusahaan pertambangan Belanda, NV Billiton Maatschappij, mendapatkan namanya dari nama pulau ini. Billiton bergabung dengan BHP pada tahun 2001 untuk membentuk perusahaan sumber daya terdiversifikasi terbesar, BHP Billiton.

Pulau ini juga merupakan penghasil produk perikanan, lada, kelapa, dan minyak sawit. Orang bekerja sebagai petani, nelayan, dan penambang. Pulau ini mudah diakses dengan 12 penerbangan harian 1 jam dari Jakarta dan 2 penerbangan harian, dengan durasi 30 menit dan 50 menit masing-masing, dari Pangkal Pinang.

Pantai pasir putih dan pulau lepas pantai membantu pariwisata untuk menjadi bagian ekonomi yang lebih besar.

Tujuan wisata

Wisata Belitung

Tujuan wisata utama adalah pantai dan pulau / pulau lepas pantai. Pantainya adalah Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang, keduanya memiliki air biru jernih, pasir, dan pantai berbatu. Pulau-kecil (Islet) yang terkanal, salah satunya adalah Pulau Batu Berlayar, yang terdiri dari pasir dan formasi granit. Kemudian Pulau Pasir (Gusong), merupakan pulau pasang surut yang terbuat dari pasir.

Burong Islet (Pulau Burong), adalah pulau yang dapat diakses dari pantai Tanjung Binga, selain itu terdapat pula Pulau Lengkuas, di pulau yang menjadi destinasi utama Islands Hopping di Belitong ini terdapat mercusuar yang dibangun pada tahun 1881, selain itu di sekitar Pulau Lengkuas merupakan tempat yang bagus untuk snorkeling. Selain pulau-pulau kecil yang menarik di atas, terdapat pulau Pulau Kepayang, Pulau Babi dan Pulau Kelayang.

Statistic Kunjungan ke Pulau Belitung

Wisata Belitung Timur

Sementara itu di Belitung Timur, khususnya Kelapa Kampit, Anda akan menemukan objek wisata baru (diresmikan pada 9 Januari 2015). Sebuah kuil megah Kong Hu Chu yang disebut Fu De Ci terletak di jalan Muten, Kelapa Kampit, Belitung Tiimur. Kuil ini dibangun dengan biaya USD 456.000, sebagian besar pernak-pernik di kuil ini didatangkan dari China. Kuil ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke daerah Belitung Timur.

Selain Kuil Fu De Ci, ada banyak objek wisata di Belitung Timur yang bisa Anda datangi. Diantaranya Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, Dermaga Kirana, Pantai Burung Mandi, dan Kuil Dwi Kuan Im.

Destinasi-destinasi ini adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik di Belitung. Kunjungan ke tempat ini selalu ada dalam semua program paket tour Belitung yang kami organisir untuk Anda. Dengan waktu yang terbatas, Anda tetap bisa menikmati destinasi ini dalam paket tour Belitung 3 hari 2 malam.

Jadi, kapan lagi Anda merencanakan trip ke Pulau Belitung?  Jangan bingung dan tunggu lama-lama, kami akan memaksimalkan keseruan liburan Anda selama di Pulau Belitung.(Sumber: Wikipedia).

Paket Tour Belitung

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

2 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.