Beranda » Artikel » Pulau Batu Garuda di Belitung

Pulau Batu Garuda di Belitung A1

Pulau Batu Garuda di Belitung

 

Kepala Burung Garuda

Pulau Batu Garuda di Belitung merupakan salah satu destinasi wisata Tour Pulau di Belitung yang paling pertama dan paling jarang absen dikunjungi. Pulau ini sangat dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Jika Anda menggunakan bota tradisional nelayan, hanya memakan waktu tidak lebih dari 5 menit.

Pada perjalanan pertama tour Pulau di Belitung, Wisatawan akan diajak singgah di depan Pulau Batu Garuda di Belitung. Lalu,  mengapa disebut Pulau Batu Garuda atau jangan-jangan suatu kali pernah seekor Burung Garuda bertengger di atas batu ini? tentu saja bukan ya…

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on


Disebut Pulau Batu Garuda atau Kepala Burung Garuda, dikarenakan bentuk formasi batuan unik tersebut laiknya kepala dan paruh Burung Garuda, Lambang Negara Republik Indonesia. Kemudian, tentu ada yang bertanya, mengapa bentuknya seperti kepala Burung Garuda?

Nah, banyaknya bebatuan di Pulau Belitong merupakan sebaran bebatuan granit yang juga terdapat di beberapa pulau di Indonesia, diantaranya di Pulau Bangka, Pulau Natuna, Semenanjung Riau, hingga ke Malaysia. Batu-batu ini terjadi dari pembekuan magma yang bersifat asam dan memiliki kandungan silika yang tinggi hingga 60 persen. Adapun usia batu-batu granit ini antara 65 sampai 200 juta tahun yang lalu.

Batu-batu ini kemudian muncul ke permukaan karena peristiwa tektonik dari puluhan kilometer perut bumi. Dari waktu ke waktu, kemudian bebatuan ini mengalami pengikisan, pelapukan, transportasi angin dan sebagainya, hingga muncullah atau terjadilah berbagai bentuk dan ‘dianggap’ menyerupai sesuatu seperti halnya Kepala Burung Garuda.

Photostop di Depan Paruh Garuda

Pulau kecil ini tidak bisa disinggahi dengan boat tradisional nelayan yang berukuran lumayan besar dengan lebar 3 meter dan panjang 10 meter. Jika mau singgah tentu diperbolehkan dengan menggunakan perahu kecil atau bisa juga menggunakan kayak, komunikasikan saja dengan guide Anda. Namun, umumnya beberapa Tour & Travel di Belitung hanya memandu Anda dan mengambil moment berfoto dari atas boat di depan pulau ini.

Berfoto dengan mengambil latar belakang paruh Garuda ini selalu menjadi moment pertama. Hasilnya, silahkan Anda menilai sendiri. Anda bisa selfie atau berfoto secara berkelompok.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on

Tetangga Pulau Kelayang

Umumnya, persinggahan terakhir dari Tour Pulau Batu Garuda di Belitung adalah Pulau Kelayang. Nah, dari Pulau Kelayang ini Anda bisa mengambil angle menakjubkan dengan latar belakang Kepala Burung Garuda.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on


Pada siang hari, apalagi diselingi dengan langit dan awan dalam cuaca yang cerah, Anda bisa mendapatkan dokumentasi yang baik. Namun, jika Anda ingin mendapat warna lain dari dokumentasi, misalnya pada malam hari, dari Pulau Batu Garuda di Belitung ini akan terpancar lampu yang (sengaja dipasang) menyorot Kepala Burung Garuda. Panorama ini akan terlihat jelas dari Pantai Tanjung Kelayang.

Nah, jika Anda masih penasaran dengan Pulau Batu Garuda di Belitung, biasanya ada masyarakat yang menyewakan kayak untuk mengeksplor lebih banyak pulau-pulau terdekat, di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Dengan Kayak ini Anda bisa mengetahui lebih banyak apa yang ada di Pulau Batu Garuda di Belitung.

Pulau Batu Garuda di Belitung

  • Formasi Batu Membentuk Kepala Burung Garuda.
  • Bebatuan berumur sekitar 65 – 200 juta tahun lalu.
  • Terletak sangat dekat dari Pantai Tanjung Kelayang.
  • Ditempuh dalam waktu singkat menggunakan boat tradisional nelayan atau kurang dari 5 menit.
  • Bercahaya pada malam hari.
  • Area Photostop yang menarik.
  • Panorama terbaik dari Pulau Kelayang.

Nah lho, demikian penjelasan singkat seputar Pulau Batu Garuda di Belitung. Jika suatu saat Anda berkesempatan berlibur ke Belitung, jangan lupa mengambil paket tour pulau dan menikmati berbagai keunikan pulau-pulau kecil di Belitung.

Paket Tour Belitung

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.