Beranda » Artikel » Nikmatnya Liburan Dua hari di Belitung – Paket Wisata Belitung 2D1N

Nikmatnya Liburan Dua hari

di Belitung

Liburan dua hari di Belitung memang terlalu singkat, namun demi memuaskan tamu-tamu kami, tentu ada tipsnya. Sebetulnya memang ada dua hal menonjol dalam pariwisata di Pulau Belitong. Pertama karena dikenal dengan Laskar Pelangi, maka ada sebagian pengunjung yang ingin melihat wisata laskar Pelangi. Seperti Replika SD Negeri Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, dan lain-lain. Kedua yaitu pantai dan pulau-pulau yang memikat.

Jika Anda ingin fokus mengunjugi Laskar Pelangi, maka dalam Paket Belitung 2D1N di hari pertamanya kita akan mengunjungi Gantung, Kota Laskar Pelangi. Besoknya, kita bisa mengunjungi Pantai Tempat Shooting film Laskar Pelangi, yaitu Pantai Tanjung Tinggi.

Opsi kedua, JIka Anda benar-benar ingin menikmati pantai-pantai di Belitung, kami pilihkan wisata Tour Pulau (Islands Hopping). Maka di hati pertama liburan di Belitong, Anda akan mengunjungi pantai dan pulau-pulau nan eksotis di Belitong.

Diawali penjemputan di Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung. Umumnya pada paket dua hari satu malam, kepada tamu kami sarankan agar datang pagi hari pada hari pertama dan sore hari pada saat kepulangan, ini adalah formula pertama.

Liburan Dua hari di Belitung

Liburan Dua Hari di Belitung – Meet & Greet Lalu Explore Pulau-pulau

Yahuu, Liburan dia hari di Belitung ! Anda akan kami jemput di Bandara Internasional, H.A.S hanandjoeddin Tanjungpandan. Adapun hal pertama yang kami sajikan adalah beristirahat sambil menikmati minuman segar Jeruk Kunci dan Mie Khas Belitong. Atau jika ingin, bolah saja memesan Kopi Belitong yang pahitnya betah di lidah dan manisnya sampai ke hati (hehe…).

Mie Belitong dan Kongdjie Coffee

Mie Belitong

Mie Belitong

Perlu kami jelaskan bahwa Mie Belitong mungkin berbeda dari mie-mie lainnya di Indonesia. Pertama, Mie Belitong adalah mie original yang dibuat setiap hari. Cirinya jika dipegang akan mudah penyet dan tangan akan berminyak. Mie asli ini berwarna kekuning-kuningan. Kemudian kuah dari mie ini dibuat dari udang dan agak kental serta gurih. Kuah akan menjadi penentu enak atau tidaknya Mie Belitong.

Kong Djie Coffee

Kong Djie Coffee

Kemudian Kopi. Warung Kopi Khas di Belitong yang memang sudah banyak dikenal adalah Kongdjie Coffee. Kopi Kongdjie sudah berdiri sejak tahun 1943. Kopi Kongdjie dibuat dari campuran yang pas antara 70 persen Robusta Lampung dan 30 persen Arabika dari Jawa yang terkenal dengan asam dan aromanya.

Setelah cukup beristirahat, dimulailah program pertama, yaitu Tour Pulau-pulau atau istilah sononya Islands Hopping. Belitung memang sangat terkenal dengan keindahan pantai dan pulau-pulau cantiknya, berpasir  putih dan bebatuan granit.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai Tanjung Kelayang

Dari warung Kopi dan Mie Belitong kita akan berangkat ke Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini terkenal dengan penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional. Diantaranya International Sail, International kayak dan lain-lain. Dari Pantai Tanjung Kelayang, kemudian menggunakan boat tradisional menuju pulau-pulau seperti Batu Garuda, Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang dan Pulau Kelayang.

Lengkuas Belitung Islands Hopping

Dalam Tour Pulau ini Anda dan rekan bisa melakukan snorkeling, melihat keindahan alam bawah laut Belitung. Area snorkeling favorit adalah di sekitar Pulau Lengkuas dan di depan Pulau Kepayang. Setelah berkeling dari  pulau ke pulau kita akan menikmati makan siang di Pulau Kepayang. Adapun perjalanan terakhir sebelum kembali ke Pantai Tanjung Kelayang adalah Pulau Kelayang, lokasinya persis di sebelah Batu Garuda.

Batu Garuda Belitung

Batu Garuda Belitung

Agenda Liburan Dua Hari Di Belitung Anda, Hari Pertama diisi dengan banyak aktifitas di pantai, dari pulau ke pulau. Setelah dari Pantai Tanjung Kelayang kita akan Check In di Hotel tempat Anda menginap.

City Tour Tanjungpandan & Transfer Bandara

Liburan Dua hari di Belitung

Tanjungpandan City Tour

Keesokan harinya, yaitu Hari Kedua dari agenda wisata Anda akan diisi dengan keliling kota Tanjungpandan, Belitung alias City Tour. Anda akan diajak mengunjungi Museum Tanjungpandan, Rumah Adat Belitong, Rumah Seni Baro Begado, Pantai Kota yaitu Pantai Tanjungpendam dan Danau Kaolin.

Museum  Tanjungpandan – City Tour

Sekilas tentang Museum Tanjungpandan, di Musium ini banyak terdapat koleksi keramik peninggalan dinasti Cina. sebagian diperoleh dari koleksi tangan ke tangan dan sebagian dari diperoleh dari penemuan-penemuan di kawasan penambangan timah. Ada pula koleksi yang didapat dari kapal-kapal yang tenggelam.

Liburan Dua hari di Belitung

Keramik – Museum Tanjungpandan Belitung

Selain keramik, karena museum ini pada awalnya memang diperuntukkan sebagai museumgeologi, maka banyak terdapat miniatur penambangan timah di Pulau Belitong. Baik itu yang di darat, mau pun jenis penambangan laut. Di museum ini juga terdapat koleksi berbagai jenis bebatuan yang ada di Pulau Belitong.

Rumah Adat Belitong – Liburan Dua hari di Belitung

Lalu, apalagi kegiatan Anda di hari terakhir dalam Liburan Dua Hari di Belitung? Yuk kunjungi juga Rumah Adat Belitong. Rumah ini biasa disebut Rumah Gede atau Rumah Panggong. Tiang-tiang  rumahnya terbuat dari beton dan hampir seluruh bangunan dibuat dengan bahan dasar kayu. bagian depan rumah ini diawali dengan tangga menuju serambi depan. serambi yang luas dan nyaman untuk berkumpul.

lanjut lagi masuk ke dalam, Anda akan dibawa ke ruang utama atau ruang tengah. di ruangan ini segala merupakan pusat kegiatan di Rumah Adat. Namun di Rumah Adat Belitong ini, Anda bisa melihat berbagai keunikan Belitong. Misalnya bagaimana Singgasana Pelaminan Adat Perkawinan Melayu Belitong, Pakaian Adat Melayu Belitong, juga ditampilkan berbagai koleksi foto jaman dulu seputar tradisi dan budaya Belitong.

Di bagian belakang dari ruang utama adalah selasar atau akses jalan menuju dapur. Di ruangan dapur ini Anda bisa melihat bagaimana dapur-dapur masyarakat Melayu Belitong. Anda juga bisa melihat berbagai perlengkapan atau peralatan orang-orang melayu Belitong. Ada satu lagi ruangan di belakang dapur dengan gedung yang terpisah. Ruangan ini merupakan ruangan penjaga rumah.

Baro Begado Art House – City Tour
Liburan Dua hari di Belitung

Baro begado Art House – Tanjungpandan Belitung

Bila ke belitung, jangan lupa bertandang ke Rumah Seni Baro Begado. Di kediaman Pak Usni mariosa ini Anda bisa melihat berbagai koleksi gambus, alat musik melayu. Karena bentuknya yang unik dan artistik, gambus ini tidak hanya cocok dimainkan, juga sebagai hiasan dinding.

Sambil menikmati kopi hangat khas Belitung, Anda dengan santai bisa mendengarkan petikan gambus yang dimainkan oleh Pak Usni. Hal inilah yang membuat pengunjung betah berlama-lama berkunjung sembari menikmati berbagai koleksi seni beliau.

Demikian perjalanan City Tour Tanjungpandan. Jangan lupa juga mengunjungi Danao Kaolin dan Pantai Kota Tanjungpendam yang terkenal dengan sunsetnya. Anda juga bisa menikmati pantai sembari menikmati kopi atau menyantap menu-menu seafood yang tersedia di sekitar pantai. Mudah-mudahan Liburan Dua hari di Belitung bisa terpuaskan dengan mengunjunggi tempat-tempat yang menarik dan bisa menambah wawasan Anda.

Untuk menikmati paket ini Anda bisa melakukan reservasi pada paket wisata Belitung 2 Hari 1 Malam. Meskipun terbilang singkat, Tour Belitung Anda akan memuaskan setelah menikmati keindahan panorama Pantai di Belitung.

Paket Tour Belitung

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.