Beranda » Artikel » Kelapa Kampit Belitung Timur Three Days Not Enough

Kelapa Kampit Belitung Timur

Kelapa Kampit Belitung Timur

Three Days Not Enough

Kelapa Kampit Belitung Timur, singkatnya sebut saja Kampit, memiliki semua potensi wisata yang dicari-cari wisatawan. Tidak ada daerah di Pulau Belitong yang menyamai Kampit dalam potensi destinasi wisata. Kampit memiliki bukit, pantai, kuliner, kesenian, pulau-pulau, sejarah tambang, dan wisata religi.

Eksplor Potensi Wisata Kelapa Kampit Belitung

Pertama, Pantai di Kelapa Kampit

Di Kampit ada pantai. mengunjungi pantai di Kampit akan memiliki kenangan tersendiri. Pantai-pantai tersebut diantaranya Pantai Batu Pulas di Desa Cendil, Pantai Seangaran di Desa Mayang dan Pantai Mimbe di Desa Senyubuk. (mohon dokoreksi jika salah dalam menempatkan lokasi pantai di wilayah-wilayah desa).

Kelapa Kampit Islands Hopping

Kampit memiliki beberapa Pulau yang memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Pulau Keran di Desa Buding Belitung Timur merupakan objek foto yang tidak kalah menarik dengan pulau-pulau lain di Belitung. Pulau Keran memiliki semenanjung berupa pasir putih. datarannya nyaman dan asri ditumbuhi pepohonan kelapa. di sekeliling pulau Keran ditumbuhi terumbu karang yang aduhai. tidak hanya itu, di Pulau Keran terdapat lumba-lumba yang senang bercengkrama dengan manusia.

 


Selain Pulau Keran ada pula Pulau Pekandis yang terletak di Desa Aik Kelik. Meskipun Pulau ini sudah termasuk dalam wilayah Kecamatan Damar, namun akses masuk Pulau yang menjadi surga bagi penyu ini lebih mudah dari Desa Mayang Kecamatan Kelapa Kampit. Pulau Pekandis pun sangat nyaman untuk bersantai.

Uji Adrenaline di Kampit

Kota Kecil Kampit memiliki perbukitan yang dibangun area bersantai. Di Bukit Pangkuan Kelapa Kampit terdapat area Outbond dan Agrowisata yang dikelola oleh Haji Usmandie A Andeska. Sesekali, menyesuaikan dengan ‘menu’ wisatawan, kawasan ini juga menampilkan kesenian daerah asli Belitong.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on

Seni Budaya

Terkenal dengan Kota berkesenian di Pulau Belitong. Kelapa Kampit memiliki belasan sanggar kesenian budaya. Salah satu sanggar ini misalnya Sangar Seni Payong Tara yang bentuk presentasinya berupa tari, sendra (drama) tari, Opera Budaya Belitong, Pentas Musik melayu, campak, serta penyajian lainnya bersama Helmi Takbirullah Akbar dan kawan-kawan.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on

Wisata Sejarah

Memiliki sejarah penambangan. Potensi sejarah ini, selain meninggalkan cerita, juga fakta-fakta benda yang menjadi bukti. Open Pit merupakan salah satu saksi sejarah penambangan timah di Pulau Belitung. Menurut sumber seorang Geologis Veri Yadi, Open Pit merupakan penghasil timah terkaya di Asia Tenggara; 595kton @2%Sn. Kini Open Pit Nam Sa Lu dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Senyubok Berijo bekerjasama dengan Kompak Beltim.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on

Di Open Pit, wisatawan akan diajak untuk menikmati persembahan atraksi yang menantang adrenalin seperti rappeling dengan instruktur Agus Penger dkk. Wisatawan juga bisa menikmati wisata susur goa yang akan dipandu oleh Yodi Febrian dkk.

Masih dalam satu kesatuan Open Pit. di lembah Bukit Kik Karak terdapat stoven. bangunan ini merupakan cerobong pembakaran timah, salah satu bagian dari peleburan timah/smelter pada masanya.

Sentra Kuliner Maknyus

Sentra kuliner di Kelapa Kampit Belitung Timur menyajikan rumah makan Man Lie yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Rumah Makan Man Lie yang menyajikan Mie khas Belitong serta beragam menu lainnya ini kini dikelola oleh Neo Tata/Tata Luvme.

Di tengah Kota Kelapa Kampit ada pula sentra kuliner Pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada), warga lokal menyebutnya BK atau Bambu Kuning dengan asal-usul di tengah-tengah Pujasera ditumbuhi Bambu Kuning. Sentra makanan ini akan ramai pada malam hari oleh keluarga dan muda-mudi.

Wisata Mangrove

Sebagai tambahan bagi wisata bahari, Kelapa Kampit banyak memiliki potensi wisata mangrove. Wisata ini terdapat di beberapa desa di Kecamatan Kelapa Kampit. Salah satu komunitas yang kini mengembangkan wisata mangrove di Kampit adalah Riwang Wanabari. Komunitas ini di bawah pembinaan Hendra T S. Oleh Riwang Wanabari, wisatawan akan diajak melintasi mangrove menggunakan kayak.

Kulong Cinte / Kulong Tujo

Kota ini memiliki wisata air, yaitu Kulong Cinte. di tempat ini disajikan wisata sepeda air dan jet ski. di Kulong Cinte juga dilengkapi jajajan kuliner untuk keluarga.

Wisata Religi

Temukan wisata religi yaitu Kelenteng Kelapa Kampit. Tempat ibadah umat Khongucu ini berdiri di area ‘Pasar Koboi’ Kelapa Kampit. Kelenteng Kelapa Kampit digadang-gadang sebagai Kelenteng yang termegah se Provinsi Kep. Bangka Belitung.

 

 

View this post on Instagram

 

Wisata Religi, Kelenteng Kelapa Kampit – Belitung Timur Need info : +62 82278723031 Find me on : www.openpittours.com

A post shared by ☆ OPENPITTours.COM ☆ (@eksplorebelitung) on

Museum Buding

Miliki sejarah masjid tertua di Desa Buding. Kini, masjid tersebut diberdayakan oleh pemerintah daerah menjadi museum. di masjid ini tersimpan peninggalan-peninggalan Kerajaan Buding.

Homestay di Kelapa Kampit Belitung Timur

Setelah mengintip beberapa destinasi di atas, untuk menahan wisatawan lebih lama di Kelapa Kampit, diperlukanlah akomodasi. saat ini fasilitas yang tersedia adalah wisma kecamatan dengan kapasitas kurang lebih 20 tamu. Di samping itu, Kampit memiliki home stay, yaitu rumah – rumah di eks pelataran timah. rumah homestay ini berarsitektur kolonial belanda dengan kamar-kamar besar dan fasilitas yang cukup baik.

Kampit Kota Koboi

Ada Pasar Koboi. mengapa disebut Pasar Koboi karena model tata ruang pasar yang ada di Kelapa Kampit hanyalah satu arus jalan, tidak bercabang-cabang.

Selain itu, dulu, memang banyak toko di Kelapa Kampit memggunakan pintu-pintu ala rumah koboi, yaitu daun pintu pendek yang bisa dibuka ke dalam dan luar.

Tidak cukup tiga hari di Kelapa Kampit Belitung Timur. “Kampit three Days Not Enaugh”

Destinasi-destinasi ini adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik di Belitung. Kunjungan ke tempat ini selalu ada dalam semua program paket tour Belitung yang kami organisir untuk Anda. Dengan waktu yang terbatas, Anda tetap bisa menikmati destinasi ini dalam paket Belitung 3 hari 2 malam.

Jadi, kapan lagi Anda merencanakan trip ke Pulau Belitung?  Jangan bingung dan tunggu lama-lama, kami akan memaksimalkan keseruan liburan Anda selama di Pulau Belitung.

Paket Tour Belitung

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.