Beranda » Artikel » Telusuri Jejak-jejak Sang Pemimpi di Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Sebentuk Replika

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi – Yup, Pulau Belitung tidak hanya dikenal dengan pantai-pantai dan pulau-pulau kecil unik nan aduhai. Nyatanya, ada berbagai varian destinasi wisata yang bisa kamu ‘lahap’ saat berlibur ke negeri Laskar Pelangi.

Pulau Belitung memang sudah dikenal sebagai penghasil timah, namun sejak Novel Laskar Pelangi dan film layar lebar garapa Riri Riza ‘membahana’, Belitong menjadi terkenal, di dalam dan luar negeri. Kini, jika Anda berkunjung ke Belitung Timur, silahkan ‘mencicipi’ jejak-jejak Sang Laskar Pelangi, salah satunya di Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Yang dimaksud replika di sini tentu saja sekolah yang dibangun menyamai SD Muhammadiyah yang dulu pernah menjadi tempat sekolah anak-anak Laskar Pelangi. Sedangkan bangunan yang asli tentu saja sudah tidak ada, kemudian tempat atau lokasi bangunan sekolah asli pun sudah didirikan bangunan lain.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Terletak di Bukit Putih, Desa Langgang, Gantung

Replika SD Muhammadiyah Laskar PelangiSekolah Dasar Muhammadiyah Laskar Pelangi yang asli tentu saja sudah tidak ada lagi, kemudian atas inisiasi Andrea Hirata dan didukung oleh Pemerintah Desa Lenggang, Kecamatan Gantung Belitung Timur, dibangunlah Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

Letak bangungan ini di atas Bukit Putih berpasir yang tidak jauh dari jalan raya. Di kiri kanan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ditumbuhi ilalang dan tumbuhan perdu. Bagi yang pernah nonton Film Laskar Pelangi tentu mengingat saat-saat A Ling berjalan di sela-sela ilalang dan perdu berlatarbelakang lagu melayu.

Pembangunan SD bersejarah bagi Novel laskar Pelangi Andrea Hirata ini pun untuk keperluan shooting Film Laskar Pelangi. Bagi Traveler yang pernah menikmati isi novel Laskar Pelangi dan menonton Film layar lebarnya, akan memiliki khemistri dengan bangunan sekolah ini.

Bentuk Bangunan Replika SD Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini dibangun dalam dua ruang kelas. Di dalamnya terdapat susunan bangku yang sebagiannya sudah rusak. Kemudian di dinding-dinding papan yang rapuh ini tergantung beberapa foto pahlawan juga sudah usang.

Bagunan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi seperti sudah reot saja, seperti filmnya, di bagian sebelah barat Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terdapat dua kayu besar penyanggh agar bangunan ini tidak roboh. Maklumlah, jika siang digunakan sebagai tempat belajar dan malam sebagai kandang kambing. Lalu, jika ada kambing beranak yang ngamuk, bergoyanglah gedung sekolah ini.

Terdapat satu ruangan lagi yang menjadi bagian dari Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Yaitu di bagian timur, sebuah ruangan kecil yang berfungsi sebagai dapur dan ruangan guru. Sementara itu di depannya atau agak geser ke sebelah kanan di bagian timur, terdapat sumur tua. Air sumur inilah tempat berwudhu anak-anak Laskar Pelangi saat ingin melakukan sholat dhuha bersama-sama.

Bagian depan mengarah ke Utara sekolah, terdapat pagar permanen yang pangjangnya setengah halaman. Di tengah pagar ini dibangun gerbang sederhana yang terbuat dari kayu. lalu, persis di tengah lapangan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terdapat sebuah tiang bendera merah putih. Bendera ini dikibarkan setiap hari.

Destinasi Utama Wisata Belitung Timur

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Meski terlihat bangunan yang sangat sederhana, mungkin inilah satu-satunga bangunan yang sangat sederhana yang pernah diresmikan oleh mentri di Indonesia. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Diresmikan oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal RI, Ir. H.A. Helmi Faisal Zaini, pada tanggal 27 November 2010.

Apa yang dilakukan oleh Mentri Pembangunan Daerah Tertinggal merupakan sebagai wujud sinergitas Kementrian RI dalam membangun sektor Pariwisata Indonesia. Selain itu, hal ini merupakan bentuk dukungan nasional terhadap perkembangan pariwisata di Pulau Belitong.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini dikelola oleh BUMD Desa Lenggang. Untuk memasuki area wisata ini, Traveler akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000,- saja.

Didukung Berbagai Fasilitas

Area Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi memiliki lapanganparkir  luas dan gratis. Persis di sebelah gerbang pintu tiket masuk, terdapat gedung yang berfungsi sebagai Perpustakaan Laskar Pelangi dan penjualan souvenir. Kemudian di sekeliling areal parkir juga terdapat warung-warung penjual makanan untuk tempat bersantai.

Di lokasi Wisata Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini juga terdapat bangunan pembuatan batik. Traveler bisa melihat langsung bagaimana batik dengan motif khas Belitong dibuat. Sebagai fasilitas pendukung, di sini juga terdapat mushola dan toilet.

Tertarik mengexplore Pulau Belitung? Jika suatu hari Anda berminat berwisata ke Pulau Belitung, tentunya Anda bisa menggunakan jasa Belitung Tour Organizer yang memiliki varian Paket Tour Belitung. Anda akan dipandu oleh Guide dan Driver lokal berpengalaman yang bisa berbicara banyak seputar destinasi wisata dan budaya Belitung.(O-Tours)

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.