Beranda » Artikel » Panorama Batu Berlayar Island Belitung Laik Perahu Layar Berlabuh

Pesona Batu Berlayar Island – Belitung

Pulau Unik di Sebelah Barat Belitung

Batu Berlayar Island merupakan pulau kecil nan unik berada di sebelah Barat Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Kecilnya pantai ini karena memang kurang dari satu hektar, atau jika Traveler berjalan, tidak akan menghabiskan waktu kurang dari lima menit.

Batu Berlayar Island

Disebut Batu Berlayar, bersumber dari ujaran masyarakat setempat, kombinasi antara gundukan pasir dan dua batu besar lonjong vertikal menyerupai layar setinggi ± 10 meter. Nampaklah laksana pulau atau menyerupai armada laut yang sedang berlayar.

Wisatawan yang datang ke Pulau Belitong / Belitung (Belitong adalah sebutan masyarakat setempat) dan memesan paket wisata islands hopping (tour pulau) akan diajak pemandu ke pulau ini. Namun dengan syarat, yaitu saat air laut surut. Karena jika air laut pasang dan ombaknya ‘agak’ kuat, akan sulit bagi boat tradisional nelayan untuk menurunkan penumpang. Adapun titik keberangkatan untuk tour pulau ini dari Pantai Tanjung Kelayang, begitu pula arah pulangnya.

Bebatuan granit nan menjulang tinggi ini bisa dikatakan menyerupai layar jika dilihat dari jauh, namun saat kita singgah, nampaklah seperti sirip ikan hiu.

5 Hal seputar Batu Berlayar Island Belitung

–              Yang ada hanya batu granit dan pasir

–              Keliling pulau (dengan jalan kaki) kurang dari lima menit

–              Keunikan batu granit bersusun secara vertical membentuk layar

–              Ada batu granit berbentuk sirip ikan hiu

–              Bisa snorkeling di sekitar batu belayar (hati-hati jika ombak kuat, pergunakan alat snorkeling lengkap dan pemandu)

Mengunjungi pulau-pulau di sekitar Batu Berlayar Island Belitung bisa dilakukan secara beruntun (dari pulau ke pulau), karena kurang lebih hanya memakan waktu 10 menit dari satu tempat ke tempat lain. Di sekeliling Batu Belayar Island terdapat Pulau Kelayang, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Garuda, Pulau Tukong Kelayang, Pulau Kepayang, Pulau Babi, dan Gusong (Pulau Pasir).

Saat kita merapat ke Batu Belayar Island, terutama saat airnya sedang surut, akan terlihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil.  Selain itu, permukaan air dari dasar laut di sekitar pulau ini memang tidak begitu dalam.

Tidak Berbiaya Alias Gratis

Mengunjungi pulau-pulau dan pantai di kawasan Belitung sebelah Barat tidak berbiaya. Salah satunya ke Batu Belayar Island Belitung ini. Dengan boat tradisional yang disewa (IDR.500.000) dengan kapasitas maksimal 15 orang, memasuki pulau ini tidak akan dikenakan karcis biaya masuk.

Begitu pula halnya di pulau-pulau lain seperti Pulau Kelayang sampai dengan Pulau Lengkuas. Jika pun harus mengeluarkan kocek, itu jika Traveler tertarik menikmati sajian kelapa muda, biaya sewa boat, dan makan siang di Pulau Kepayang.

Habiskan Seribu Foto Berlatarbelakang Granit

Batu Berlayar Island

Jangan pulang sebelum menghabiskan 1000 foto dengan latarbelakang bebatuan granit. Memang, jika Traveler mengunjungi Pulau Belitong dan menyambangi pantai-pantai di sebelah barat Negeri Laskar Pelangi ini, maka pantai-pantainya akan banyak terkombinasi dengan bebatuan granit.

Pantai dan pulau-pulau yang memiliki batuan granit diantaranya Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Penyabong, Pulau Batu Garuda, Pulau Kepayang, Pulau Babi, Pulau Batu Belayar, Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Pulau Pekador, serta pulau-pulau dan pantai lainnya masih banyak lagi.

Di banyak tempat di Belitong, bebatuan granit ini memang menghiasi pantai. Usia batuan granit ini pun sudah sangat tua, alias diperkirakan sejak jaman Triassic atau 65 sampai 200 juta tahun lalu sudah ada. Lalu karena proses pengikisan oleh alam, maka terbentuklah ragam batu beraneka rupa. Dan kini, menjadi objek foto yang menarik bagi Traveler.

Berhati-hati Saat Snorkeling

Hati-hati ada bulu babi (Sea Urchin) sejenis binatang laut berduri seperti landak (berjarum), pastikan anda menggunakan sepatu, khususnya saat anda menikmati panorama bawah laut di sebelah Timur pulau ini. Selain itu, beberapa karang yang sudah mati akibat pasang-surut air laut juga lumayan tajam dan bisa melukai kaki.

Kemudian, saat bersnorkeling Traveler dilarang menginjak terumbu karang, karena akan mengganggu kelangsungan pertumbuhan karang-karang ini. Traveler juga dilarang untuk memberikan makan ikan dengan makanan bawaan alias yang biasa kita makan. Ikan-ikan ini sudah memiliki makanan sendiri, yaitu sejenis lumut hijau atau jenis makanan lain. Alasannya, jika lumut hijau ini tidak dimakan oleh ikan, lama-lama karang akan tertutup lumut dan mati.

Objek Photography yang Menarik

Bagi para photographer atau pengunjung yang mengambil paket wisata photography, maka Batu Berlayar Island akan menjadi foreground yang menarik diantara sunrise, atau mengambil momentum milky way, dan star trail pada malam hari.

Momentum Gerhana Matahari Total beberapa waktu lalu, Batu Belayar Island merupakan sasaran empuk para penggila photography, tentunya selain Pulau Lengkuas. Photographer akan mengambil area berair yang dangkal untuk membagi jarak dengan gugusan granit Batu Belayar Island, tentunya ini akan menjadi foreground yang aduhai.

Selain mengambil momentum alam, Batu Belayar Island Belitung ini juga menjadi background yang menarik untuk foto prewedding atau model. Beberapa merk terkenal juga sudah menjadikan Batu Belayar Island sebagai salah satu spotnya.

Karena mengambil momentum foto pada malam hari, boleh-boleh saja bagi para photographer untuk camping di pulau ini. Traveler bisa memasang tenda di antara bebatuan raksasa, namun dengan syarat, tetap menjaga lingkungan senantiasa bersih.

Lain Photographer, lain pula wisatawan umum. Saat Islands Hopping, mereka selalu menggunakan jasa drone untuk mengambil momentum terbaik di Batu Belayar Island. Jika di lihat dari atas, sudut pandang yang tidak biasa akan tampak menarik.

Batu Berlayar Island Bukan Sailing Rock Island

Batu Berlayar Island

Sailing Rock Island hanyalah bahasa pengantar yang akan memudahkan pemandu menterjemahkan apa arti dari nama Batu Belayar Island kepada wisatawan. Kenapa bukan? tentunya kita semua tahu bahwa penamaan tempat tidak bisa diubah dengan bahasa apapun.

Penamaan tempat wisata pulau-pulau di Belitung rata-rata menggunakan sebutan lokal dari bahasa lokal. Inilah yang disebut kearifan lokal dan menjadi  kekayaan budaya.

Dalam artikel-artikel wisata yang berbahasa Inggris, beberapa kali ditemukan penamaan Batu Berlayar dalam bahasa Inggris, namun seharusnya tidak seperti itu. Bagaimana pun, penamaan lokal adalah bukti kita menghargai kearifan masyarakat lokal.

5 Larangan Saat Islands Hopping

Lima hal ini tentunya merupakan larangan atau aturan yang tidak tertulis dan hanya disampaikan oleh Guide kepada wisatawan sebelum Islands Hopping. Larangan ini disampaikan dengan tujuan agar lingkungan selalu terjaga dengan baik. Diantaranya, dilarang;

– Meninggalkan sampah di pulau-pulau saat islands hopping.

– Membawa sesuatu dari pulau, kecuali foto.

– Menginjak terumbu karang saat snorkeling.

– Berfoto dengan bintang (starfish) laut di darat (jika ingin, silahkan berfoto di dalam air).

– Memberi makan ikan saat snorkeling.

Bagi wisatawan yang peduli lingkungan dan menjaga kelestarian, tentunya lima hal ini sangat biasa dan memang seharusnya dilakukan. Karena setelah tamu hari ini datang ke Belitung, masih ada lagi pengunjung lainnya dan ingin menikmati keindahan yang sama.

Dan hal yang menjadi daya tarik Pulau Belitong adalah pemandangan natural dan tidak dibuat-buat. Oleh karena itu, jangan heran jika Traveler mengikuti paket tour pulau di sekitar Pulau Lengkuas, yang ada hanya keindahan alam buatan ‘tangan Tuhan’.

Tertarik mengexplore Pulau Belitung? Jika suatu hari Anda berminat berwisata ke Pulau Belitung, tentunya Anda bisa menggunakan jasa Belitung Tour Organizer yang memiliki varian Paket Tour Belitung. Anda akan dipandu oleh Guide dan Driver lokal berpengalaman yang bisa berbicara banyak seputar destinasi wisata dan budaya Belitung.(O-Tours)

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.